Senin, 14 Mei 2012

Delegasi Rusia Tak Minta Izin Wapres untuk Bawa Black Box Sukhoi

Jakarta Keterlibatan tim dari Rusia terlibat dalam proses evakuasi dan investigasi musibah Sukhoi SuperJet 100 sebatas untuk memberikan bantuan teknis. Mereka tidak meminta black box pesawat komersial pertama buatan Shukoi itu nanti diperiksa di Rusia.

Demikian kata Jubir Wapres, Yopie Hidayat, menjawab pertanyaan apakah delegasi Rusia kepada Wapres Boediono minta izin agar black box Sukhoi SuperJet 100 kelak dibawa ke Rusia untuk diperiksa. Pertemuan berlangsung di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (14/5/2012).

"Tidak ada permintaan itu. Pihak Rusia semua akan membantu dan tunduk pada instansi Indonesia," kata Jubir Wapres, Yopie Hidayat.

Dia menegaskan, inti dari kedatangan delegasi Rusia menemui Wapres Boediono adalah menjelaskan posisi tim yang ada di lapangan. Baik tim investigasi dan indentifikasi dari Rusia dalam posisi membantu Indonesia dan seluruh kendali tetap ditangan Indonesia.

"Poinnya penyelidikan di bawah kendali instansi dan mereka hanya membantu. Berapa lama mereka di sini, itu tergantung kondisi lapangan," ujarnya.

Lebih lanjut Yopie mengingatkan bahwa proses invetigasi baru akan dimulai. Media agar tidak terus berspekulasi soal apa yang menjadi penyebab musibah di Gunung Salak, Bogor, yang menelan 45 korban jiwa dari Indonesia, Perancis dan AS tersebut.

"Jangan berpekulasi dan tidak jelas latar belakang validitasnya," wanti Yopie.

0 komentar:

Posting Komentar